Cryptocurrency Investasi Populer Saat Ini

Pernahkah Anda mendengar tentang cryptocurrency? jika Anda pernah bermain investasi bitcoin tentu tidak asing dengan jenis investasi yang satu ini. Hal ini berkaitan dengan keberadaannya yang tidak jauh dengan bitcoin.

Memulai investasi pada jenis uang kripto mengharuskan Anda untuk mempersiapkan mental dengan lebih baik. Pasalnya Anda akan dihadapkan dengan perjalanan seperti roller coaster yang mana harga uang tersebut akan naik dan tyrun dalam waktu cepat.

Apa itu cryptocurrency?

Cryptocurrency dikenal sebagai jenis mata uang digital yang mana penggunaannya pun dilakukan secara eksklusif yaitu menggunakan sistem online. Mata uang kripto juga dapat melakukan pertukaran finansial yang tidak dilakukan dengan bantuan pihak ketiga, seperti halnya bank atau lainnya. Dengan kata lain, Anda dapat menganggap mata uang tersebut sebagai alternatif untuk melakukan pembayaran tradisional, seperti halnya cek, tunai atau bahkan kartu kredit.

Penggunaan cryptocurrency memiliki beberapa keuntungan. Salah satu keuntungan yang paling utama adalah keberadaannya yang bersifat global. Artinya Anda memiliki jumlah uang yang sama di negara mana pun tanpa harus memikirkan kurs yang dimiliki negara lainnya.

Selain itu, sistem penyimpanan informasi yang dimilikinya pun bersifat aman. Hal ini dikarenakan cryptocurrency menggunakan teknik enkripsi. Teknik tersebut dikenal sebagai metode yang sulit untuk diakses. Karena ia akan mengacak informasi yang ada, sehingga keberadaannya pun menjadi rahasia dan tidak dapat didapatkan dengan mudah oleh pihak lainnya.

Pada dasarnya masyarakat Indonesia sendiri telah banyak menggunakan uang digutal. Seperti halnya pada penggunaan kartu redit, debit, paypal atau bahkan kayanan e-wallet lainnya. Dengan demikian masyarakat di sekitar kita pun secara perlahan dan bertahap mulai mengalihkan penggunaan uang kertas dan logam menjadi uang digital. Sementara itu, di beberapa negara lainnya mereka bahkan berencana untuk menghapus uang kertas dan beralih pada uang digital. Seperti halnya yang dilakukan oleh Swedia yang bahkan berencana untuk membuat cryptocurrency sendiri.

Kelas aset cryptocurrency

Kelas aset cryptocurrency

Keberadaaan cryptocurrency memiliki arti yang berbeda bagi setiap orang. Hal ini terbukti dari beberapa orang yang menganggap cryptocurrency sebagai mata uang. Namun beberapa orang lainnya juga ada yang menganggap cryptocurrency sebagai alat penyimpan nilai yang keberadaannya tidak jauh berbeda dengan emas.

Bagi Anda yang ingin memahami lebih jauh terhadap cryptocurrency serta mengetahui jenis aset keuangan apa yang cocok dengannya. Ada baiknya jika Anda memahami tentang sifat dasar yang dimiliki uang itu sendiri. Karena pada dasarnya uang dianggap sebagai representasi nilai yang dapat ditukarkan antara satu dengan lainnya. Baik itu dengan barang atau bahkan layanan jasa.

Pada dasarnya setiap uang kertas tidak selalu memiliki nilai intrinsik. Pasalnya ia hanya bernilai ketika orang-orang yang menggunakannya menganggap bahwa uang tersebut berharga. Sementara emas justru memiliki nilai aktual, hal ini terlihat dari keberadaannya sebagai bahan manufaktur dan juga dapat digunakan sebagai alat tukar untuk finansial.

Sedangkan untuk bitcoin keberadaannya hampir sama dengan emas. Hal ini terjadi karena keberadaannya yang terbatas. Namun untuk cryptocurrency sendiri tidak semuanya memiliki sifat yang sama dengan bitcoin.

Merujuk pada hal tersebut tidak heran jika pertumbuhan bitcoin terus berkembang. Hal ini dikarenakan keberadaannya yang dapat digunakan sebagai alternatif dari uang fiat nasional serta komoditas emas. Tidak heran jika kemudian banyak pula orang yang menganggapnya cryptocurrency sebagai jenis investasi alternatif.

Untuk memahami investasi cryptocurrency dengan lebih dalam, tentunya para investor pun harus mengetahui dengan pasti bagaimana kiranya mata uang tersebut akan digunakan, serta nilai yang didapat dari mata uang tersebut.

Bitcoin

Mengenai jenis mata uang kripto

Mata uang cryptocurrency ada banyak dan bahkan berjumlah ratusan. Karena itulah nilai yang dimilikinya pun mencapai angka $250 miliar. Jumlah tersebut terhitung hingga Oktober 2020. Sedangkan untuk saat ini ada beberapa pemain utama dari jenis mata uang kripto tersebut. Seperti halnya Ethereum, Bitcoin, Litecoin, Ripple dan lainnya.

  • Bitcoin

Untuk saat ini bitcoin menjadi salah satu mata uang cryptocurrency terbesar. Bahkan kapitalisasi pasar yang dimilikinya pun mencapai angka $160 Miliar. Bitcoin sendiri dikenal sebagai cryptocurrency pertama yang memasuki pasar. Selain itu ia juga termasuk dalam cryptocurrency dengan harga tinggi dan paling populer.

  • Altcoin

Altcoin adalah istilah yang digunakan untuk menyebutkan semua jenis uang crypto kecuali bitcoin. Beberapa jenis altcoin yang utama termasuk di antaranya cryptocurrency itu memiliki basis pada bidang stablecoin, penambangan, token utilitas serta token keamanan. Seperti halnya pada mata uang Ripple, Ethereum, juga Litecoin.

Ethereum adalah jenis cryptocurrency kedua terbesar yang memiliki nilai kapitalisasi sekitar $19 Miliar. Ethereum juga dikenal dengan sebutan ether. Ether dapat digunakan untuk menjalankan berbagai macam aplikasi yang terdapat di dalam platform tersebut juga untuk melakukan beragam metode pembelian dari jenis cryptocurrency lainnya.

Setelah mengetahui beberapa informasi mendasar mengenai cryptocurrency di bagian atas tadi. Tentunya Anda pun dapat memulai investasi crypto dengan lebih mudah. Bahkan dengan mengikuti jenis investasi yang satu ini. anda pun dapat mempelajari beragam jenis investasi lainnya yang sama menguntungkan atau bahkan lebih baik dari jenis investasi yang satu ini. 

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles