Jelajah Wisata Kerajinan Gerabah Kasongan Jogja

Bagi Anda yang menyukai barang keramik mewah dan unik bisa mendatangi kampung Kasongan. Wisatawan bisa menemukan kerajinan tanah liat yang cukup terkenal di sana. Beraneka ragam jenis gerabah dapat ditemukan dalam satu tempat. Berbelanja keramik yang cantik untuk buah tangan jadi hal yang luar biasa.

Lokasi Kampung Kasongan juga strategis. Anda bisa melihat cantiknya gerabah yang dipajang di etalase, sepanjang Jalan Kasongan. Anda akan betah berlama-lama melihat gerabah yang memiliki karya seni begitu indah ini seperti guci atau keramik dengan bentuk yang unik dan pasti tidak akan pernah dilupakan seumur hidup.

Awal Mula Kerajinan Tanah Liat di Kasongan

Tanah yang awal mulanya dihindari oleh masyarakat Kasongan tidak disangka-sangka membawa keuntungan. Namun, muncullah pengrajin tanah liat yang membuat gerabah, karena tekstur tanah yang diyakini bisa membuat sebuah karya seni.

Faktor penyebab gerabah kasongan terkenal adalah tekstur tanah yang cocok untuk membuat keramik yang diinginkan dan pengrajin yang ada di sana sudah terlatih. Hasil dari kerajinan tersebut pun beraneka ragam seperti kendi, guci, vas, gentong, anglo, dan patung-patung. 

Kasongan Tempat Wisata para Pecinta Karya Seni Gerabah

Kasongan Tempat Wisata para Pecinta Karya Seni Gerabah

Beberapa hal yang menjadikan Kasongan layak dijadikan destinasi wisata dan patut untuk dikunjungi.

1.  Gerabah Khas Kasongan Bernilai Seni Tinggi

Setiap gerabah yang dibuat menghasilkan karya seni yang begitu tinggi. Tanah liat yang digunakan memiliki kualitas yang bagus. Kasongan juga mempunyai seniman-seniman gerabah yang lahir dengan karya-karya memukau. Gerabah-gerabah yang diproduksi sudah menjangkau pasar dunia. Turis mancanegara yang mengunjungi Jogja berperan dalam mengenal karya seni secara global.

2. Galeri Gerabah Di Pajang Sepanjang Jalan Kasongan

Galeri seni yang ada di sepanjang kampung kasongan menarik orang untuk pergi ke sana. Bentuk-bentuk gerabah yang menarik dipajang dalam etalase kaca membuatnya semakin menawan. Galeri gerabah ini menjadi pemandangan yang indah bagi para pejalan kaki yang sedang melewatinya lokasi wisata. 

3.  Kasongan Menjadi Pusat Perbelanjaan Gerabah terbesar di Jogja

Kasongan menjadi pusat untuk kerajinan tanah liat gerabah. Bentuk, motif, dan warna yang sangat pas menjadi alasan kuat gerabah ini begitu diminati. Aneka macam bentuk gerabah layak dijadikan buah tangan. Ketika berlibur di sana manfaatkan waktu dalam memborong gerabah yang menarik hati dan terkesan mewah itu.

4. Tersedia Juga Kursus dan Workshop Pembuatan Gerabah

Wisatawan yang datang ke Kasongan juga bisa belajar membuat gerabah dari kursus atau workshop yang disediakan di sana. Hasil dari gerabah bikinan Anda bisa dibawa pulang. Belajar membuat gerabah juga bisa menjadi ajang untuk menambah pertemanan. Di sana Anda akan bertemu dengan banyak orang dari berbagai budaya dan bahasa yang berbeda.

5. Harga Gerabah Kasongan Jogja

Harga gerabah kasongan sangatlah bervariasi. Semakin rumit suatu bentuk gerabah, maka harganya pun mahal. Namun, kamu tidak perlu khawatir, disana juga terdapat gerabah harga murah dan kualitasnya sangat bagus.

Daya Tarik dari Festival Seni Kasongan

Anda bisa berkunjung ke Kasongan saat adanya festival. Acara festival seni kasongan akan menghadirkan para pengrajin yang berkumpul untuk memperkenalkan hasil kerajinan tangannya. Namun, masih banyak lagi kegiatan lainnya yang tidak kalah seru untuk diikuti.

Acara festival ini tentu menarik minat pengunjung. Baik lokal maupun mancanegara. Festival ini juga yang sering ditunggu oleh para wisatawan setiap tahun. Anda bisa mencari tahu kapan pastinya festival ini diadakan di internet.

Berwisata ke Kasongan sekaligus berbisnis gerabah

Berwisata ke Kasongan sekaligus berbisnis gerabah 

Anda bisa mengambil kesempatan liburan yang menyenangkan di Jogja sekaligus mencari peluang usaha seperti di Kasongan. Kerajinan gerabah yang sudah mendunia ini tentu saja banyak diburu orang. Bila sudah mengetahui kondisi Kasongan, hal itu akan mempermudah rencana membangun bisnis. Berikut tips dan triknya:

  1. Temukan produsen gerabah yang bisa diajak kerjasama. Supaya usaha berjalan dengan lancar. Anda bisa mencari info saat menjelajah Kasongan.
  2. Pelajari dulu peluang usaha dari gerabah ini menentukan segmentasi pasar. Supaya tepat sasaran. Penjualannya juga akan tepat sasaran, karena produk kerajinan tangan ini juga memiliki kelas. Mulai dari yang mewah hingga yang biasa kualitasnya.
  3. Jika Anda tidak memiliki lapak atau galeri untuk memajang gerabah, gunakan sistem online. Untungnya juga akan lebih besar, karena tidak perlu membayar tempat jualan dan lainnya.
  4. Promosikan produk gerabah ini di media sosial dan pasang juga di platform penjualan barang online. Supaya bidikan pasar lebih luas.
  5. Angkat ciri khas dari gerabah Kasongan yang mendunia, sehingga bisa menjadi nilai tambah produk yang akan dijual.

Seru bukan jika Anda berwisata, tapi juga bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan di kemudian hari. Wisata di Kasongan ini bisa dijadikan pilihan bagi orang-orang yang senang dengan karya seni rupa. Buah tangan yang memiliki nilai yang tinggi, karena bisa diperjual belikan lagi.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles