Mengenal Investasi Emas Yang Kini Lebih Mudah Dengan Sistem Digital

Dari sekian banyak jenis investasi, investasi emas masih menjadi salah satu jenis investasi yang banyak diminati. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, yang mana kondisi keuangan di seluruh dunia menjadi tidak pasti. Namun dengan investasi emas, ia dianggap sebagai jenis investasi yang sangat menguntungkan dan bahkan tetap aman dalam kondisi apapun. Mengapa demikian? Berikut penjelasannya.

Emas dikenal sebagai salah satu instrumen investasi yang tidak terpengaruh oleh banyak hal termasuk inflasi. Karena itulah harga emas umumnya lebih stabil. Bahkan ia jarang sekali mengalami penurunan.

Memang emas mengalami fluktuasi setiap harinya. Namun jika dilihat dalam jangka panjang, harga yang dimilikinya terus meningkat. Tidak heran jika kemudian emas menjadi instrumen tepat untuk melakukan investasi di masa pandemi ini.

Dari informasi terkini pihak Pegadaian bahkan menyatakan bahwa harga emas naik hingga 21 persen sejak awal tahun 2020 lalu. Hal ini juga tidak lepas dari banyaknya permintaan emas di masa pandemi. Dengan demikian, harga yang dimilikinya pun terus meningkat.

Keuntungan dari investasi emas

Investasi emas dikenal sebagai salah satu investasi safe haven. Karena itulah ia pun memiliki banyak keuntungan yang membuatnya banyak diincar orang. Lebih dari itu, emas juga termasuk dalam aset lancar yang tentunya sangat mudah untuk dicairkan. Bahkan ia juga mudah untuk diperjual belikan dalam waktu kurang dari satu tahun.

Merujuk pada hal tersebut, emas menjadi pilihan terbaik untuk melakukan investasi. Pasalnya jika Anda membutuhkan uang dalam waktu singkat, maka emas tersebut pun dapat Anda cairkan dengan lebih mudah. Selain itu, emas juga dapat dijadikan sebagai ladang investasi jangka panjang karena tidak terpengaruh oleh resesi juga inflasi.

Tidak hanya itu, sebagai pemilik emas. Anda pun dapat menentukan apakah emas tersebut akan dijual ketika harga naik atau justru dibiarkan untuk tetap menjadi bahan investasi. Selain itu, investasi emas juga dapat dimulai dengan nominal rendah. Dengan demikian, Anda tidak membutuhkan jumlah uang yang besar untuk memulainya.

Dengan kecanggihan teknologi yang ada saat ini, kegiatan investasi emas pun semakin mudah untuk dilakukan. Pasalnya Anda dapat membeli emas dengan ukuran yang jauh lebih ringan dibandingkan dengan pilihan terkecil dari emas pada logam mulia yang dijual di pasaran.

Tidak hanya itu, melakukan investasi emas secara digital juga dinyatakan lebih praktis dibandingkan dengan membeli emas logam mulia secara langsung. Hal ini berkaitan dengan keberadaannya yang tidak perlu Anda simpan di tempat yang aman atau bahkan menyewa safety deposit box yang ditujukan untuk menyimpan emas logam mulia secara fisik.

Selain itu, melakukan investasi dalam bentuk emas digital juga lebih memudahkan Anda dalam melakukan pencairan atasnya. Bahkan jika Anda tidak berniat mencairkannya menjadi uang. Emas digital tersebut pun juga dapat dicetak menjadi emas batangan.

Cara investasi emas digital masa kini

Cara investasi emas digital masa kini

Untuk memudahkan para pemula dalam melakukan investasi emas. Kini tersedia cara menabung emas dalam bentuk digital. Untuk melakukan investasi ini Anda tidak membutuhkan nilai uang yang besar. Hal ini berkaitan dengan nilai minimum dari investasi emas tersebut yang berada pada jumlah Rp. 5.000 yang jika dikonversikan pada emas maka akan mendapatkan emas senilai 0,0053 gram.

Sebagai contoh, jika Anda melakukan investasi ini secara rutin selama 1 tahun penuh dengan jumlah investasi per minggu sebanyak Rp.5.000 maka selama satu tahun tersebut, Anda akan mendapatkan 0,2756 gram emas atau senilai dengan jumlah uang sebanyak Rp. 260.000.

Meskipun terlihat kecil, investasi emas tetap memiliki nilai dan dapat menjadi salah satu investasi terbaik bagi masa depan Anda. Jika Anda rutin dan konsisten tabungan dengan nominal kecil sekali pun akan terkumpul menjadi jumlah yang besar.

Tips memulai investasi emas

Bagi Anda yang ingin melakukan investasi emas, ada baiknya jika Anda memulainya dengan mengikuti beberapa tips di bagian bawah ini :

  • Membuat tujuan utama dari investasi yang dilakukan

Untuk menjadikan investasi yang dilakukan berjalan dengan lebih lancar, ada baiknya jika Anda memulainya dengan tujuan yang pasti. Seperti halnya investasi yang ditujukan untuk masa depan, pensiun dini, pembelian rumah dan lainnya. Karena dengan tujuan yang pasti maka investasi pun dapat dilakukan dengan lebih mudah.

  • Memantau dan cek harga emas

Hal selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah memantau serta mengecek harga emas secara barkala. Cara tersebut sebaiknya dilakukan untuk menentukan apakah Anda akan mencarinya atau justru terus menjadikannya sebagai bahan investasi.

  • Pembelian di tempat yang tepat

Investasi emas dapat dilakukan di berbagai tempat berbeda. Apalagi jika pembelian emas dilakukan secara fisik. Namun jika Anda hendak melakukan investasi emas secara digital, maka pastikanlah untuk memilih tempat investasi emas digital yang tepat. Dengan demikian investasi emas yang dilakukan pun akan jauh lebih aman.

Itulah kiranya penjelasan singkat mengenai investasi emas yang juga dapat menghasilkan keuntungan luar biasa seperti halnya jenis investasi crypto dan lainnya.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles