Peluang Bisnis Properti Skala Kecil dengan Keuntungan Besar

Properti menjadi bidang bisnis yang memiliki keuntungan maksimal jika dilakukan dengan benar. Banyak orang ingin mendapatkan profit tersebut tetapi bingung darimana harus memulai. Perlu Anda ketahui, properti memiliki cakupan yang luas karena tidak hanya rumah, apartemen, gedung, dan tanah.

Anda mengira bisnis ini membutuhkan modal besar minimal bisa belum satu rumah. Anggapan tersebut tidak salah tetapi jangan meremehkan mereka yang terjun di skala kecil. Coba lihat kios-kios pinggir jalan yang berbeda jauh dengan ruko tiga lantai. Jika mengelola dengan baik, kios tersebut bisa menjadi aset menguntungkan.

Bisnis skala menengah hingga besar memiliki resiko besar bahkan bisa lesu di masa tertentu. Sebaliknya, properti skala kecil justru resistensi terhadap perubahan pasar sangat rendah. Jika dilihat satu per satu, nilai mereka tidak seberapa. Akan tetapi, Anda perlu menggunakan aggregate sehingga mengetahui bahwa kumpulan yang kecil bisa memiliki jumlah signifikan bahkan melebihi gabungan level menengah dan besar.

Untuk mengetahui lebih lanjut apa saja peluang bisnis properti skala kecil yang menguntungkan, simak daftar berikut ini.

Sewa kamar

  • Sewa kamar

Anda bisa memulai dari sewa kamar termasuk kos. Modal utama relatif kecil yaitu menyiapkan kamar yang layak. Jika di rumah ada kamar kosong atau belum berpenghuni, peluang bisnis ini bisa diterapkan. Untuk marketing, berbagai aplikasi sudah tersedia untuk membantu hal tersebut. Di era digital, Anda perlu memanfaatkan secara maksimal apapun metode dan perangkat yang ada sehingga usaha properti ini bisa berjalan lancar.

Bagaimana jika tidak ada kamar kosong? Beberapa cara bisa dipakai yaitu kerjasama dengan pemilik rumah lain. Tentu saja, Anda sudah mengenal mereka sehingga mudah untuk berkomunikasi. Cara lain adalah menyewa kamar kos bulanan lalu disewakan lagi secara harian. Opsi berikutnya adalah kontrak rumah dan Anda menyewakan kamar yang tidak terpakai.

Hunian Keluarga

  • Hunian keluarga

Hunian atau rumah akan tetap menjadi nomor satu di bisnis properti. Anda akan menemukan berbagai jenis rumah dari yang skala kecil hingga mewah. Masing-masing memiliki cakupan pasar sendiri. Yang menarik, rumah mewah justru selalu stabil tetapi bisnis ini membutuhkan modal besar meskipun hanya sebatas makelar. Pilihan lain adalah fokus ke hunian keluarga apalagi di kota-kota kabupaten yang mengalami pertumbuhan ekonomi cukup tinggi.

Anda mungkin terlalu fokus di kota besar dan penopangnya tetapi melupakan daerah-daerah yang kini mulai menunjukkan pembangunan. Berbagai perumahan sederhana mulai bermunculan dengan target keluarga muda. Ini merupakan peluang emas karena Anda biasa memasarkannya lebih fleksibel. Berbagai metode dipakai mulai dari sosial media, website, grup bisnis, iklan koran, baliho, dan lainnya.

Sewa Kios

  •  Kios

Seperti yang telah disebutkan, kios tidak boleh dilupakan dari bisnis skala kecil. Para pedagang menggunakan kios tersebut untuk transaksi. Tempatnya memang tidak besar bahkan ada yang cukup kecil. Akan tetapi, lokasi adalah kunci karena menentukan harga sewa dan potensi bisnis. Anda bisa memulai bisnis ini dengan membeli kios yang baru saja dibangun tetapi memiliki lokasi strategis. Cara lain adalah menawarkan jasa untuk mencari kios sesuai kebutuhan klien.

Semua yang disebutkan di atas merupakan bisnis properti dengan skala kecil. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, nominal per item memang sangat kecil atau rendah. Namun, bisnis inilah yang bisa bertahan di segala musim. Target pasarnya adalah kalangan masyarakat umum sehingga memiliki jangkauan yang luas. Anda hanya perlu memakai strategi yang tepat sehingga bisnis berjalan lancar minimal bisa menjaga cashflow.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles