Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Era Pandemi

Adanya COVID-19 membuat masyarakat mau tidak mau harus melakukan upaya untuk meningkatkan imun tubuh supaya dapat terhindar dari virus korona. Salah satu cara yang harus dilakukan adalah dengan menjaga kesehatan supaya daya tahan tubuh dapat terjaga dengan baik. Dengan begitu, dirinya tidak akan mudah terserang oleh berbagai macam penyakit termasuk virus korona.

Pasalnya, tidak sedikit pula orang yang masih mengabaikan kesehatan atas dalih ribet dan tidak tahu apa yang harus dilakukan. Namun, jangan khawatir, sebab sebenarnya hal-hal sederhana yang mungkin bisa dengan sangat mudah untuk Anda lakukan, ternyata masuk salah satu tips menjaga kesehatan era pandemi. Penasaran apa saja tips-tips tersebut? Yuk simak pembahasan berikut.

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Era Pandemi

Terdapat beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh supaya kesehatan Anda pun dapat terjaga dengan baik.

1. Hindari Berfikir yang Terlalu Berat

Memang benar adanya bahwa pada era pandemi seperti sekarang ini, sulit rasanya untuk kita dapat memikirkan urusan-urusan yang dihadapi dengan ringan atau santai. Permasalahan ekonomi, kejenuhan, kekhawatiran akan kesehatan, dan lain sebagainya menjadi salah satu pemicu utama kenapa banyak orang menjadi overthinking atau tidak dapat berfikir santai terhadap apa yang dihadapinya. Padahal, sudahkah Anda tahu bahwa dengan membiasakan diri untuk tetap rileks, ternyata juga berpengaruh terhadap kesehatan terutama kesehatan mental seseorang saat pandemi seperti sekarang ini. Dengan terjaganya kesehatan mental seseorang, maka dapat pula menjaga imun tubuh sehingga tahan dan terhindar akan berbagai macam penyakit. Nah, cara yang dapat Anda lakukan supaya bisa menghindari overthinking salah satunya adalah dengan tetap optimis bahwa Anda dapat melewati semua urusan yang sedang dihadapi. Selain itu, tenang dalam mengambil keputusan, supaya Anda dapat menentukan jalan terbaik dalam menyelesaikan setiap permasalahan.

2. Hindari Rebahan Terlalu Lama

Istilah rebahan mulai ramai kembali semenjak dimulainya WFH atau work from home. Namun, kenyamanan yang dirasakan ketika rebahan juga kurang baik jika kita melakukan hal tersebut tanpa mengenal waktu. Pasalnya, jika tubuh kita kurang aktif atau jarang bergerak, maka dapat menyebabkan aliran darah yang tidak lancar bahkan sering merasakan pusing dan mudah ngantuk. Hal tersebut tentu kurang baik untuk kesehatan. Oleh sebab itu, meskipun saat pandemi menganjurkan kita untuk melakukan lebih banyak aktifitas di dalam rumah, bukan berarti kita harus berdiam diri tanpa melakukan aktifitas-aktifitas yang lebih bermanfaat dan menyehatkan tubuh. Jadi, lakukan hal-hal sederhana seperti rutin berolahraga, membantu ibu membersihkan rumah, membantu ayah berkebun atau mencuci kendaraan, dan lain sebagainya untuk menjaga kebugaran tubuh Anda supaya tetap sehat.

membiasakan untuk jaga jarak kepada sesama

3. Jaga Jarak Terhadap Layar Alat-Alat Elektronik

Tidak dapat dipungkiri bahwa memasuki era pandemi, orang-orang juga mulai memasuki masa-masa di mana semakin di dekatkan dengan alat-alat elektronik seperti ponsel, komputer, bahkan layar televisi. Selain membiasakan untuk jaga jarak kepada sesama, Anda juga dianjurkan untuk menjaga jarak dengan layar alat-alat elektronik di sekitar Anda supaya kesehatan mata dapat terjaga dengan baik. Caranya, meskipun tugas atau pekerjaan Anda tidak dapat terlepas dengan alat-alat elektronik tersebut, tetapi dalam pelaksanaannya harus dilakukan sesuai prosedur kesehatan. Yakni minimal 30 cm jaraknya antara layar ponsel, komputer, maupun televisi dengan mata Anda. Dengan demikian, mata Anda tidak cepat lelah dan radiasi yang terpancarkan juga dapat dikurangi risiko buruknya.

Bila perlu, gunakan pula kacamata anti radiasi supaya kesehatan mata Anda semakin terlindungi. Jadi, tidak ada alasan untuk sulit menjaga kesehatan mata meskipun aktifitas padat serta tidak mungkin terlepas dengan gadget maupun alat elektronik lainnya.

4. Menjaga Pola Makan dan Mengonsumsi Makanan Sehat

Tips lain yang wajib Anda lakukan untuk menjaga kesehatan era pandemi adalah dengan menjaga pola makan dengan baik. Yakni 3 kali sehari dengan porsi secukupnya. Selain itu, bukan hanya pola makan saja yang harus diperhatikan. Namun jenis makanan yang dikonsumsi juga tidak boleh diabaikan. Anda harus mengonsumsi makanan-makanan sehat setiap harinya. Terlebih di masa pandemi seperti ini, di mana kesehatan menjadi prioritas yang tidak boleh diabaikan.

Nah, berkaitan dengan makanan apa saja yang baik untuk kesehatan, temukan jawabannya di bawah ini.

Makanan yang Baik untuk Kesehatan

Makanan yang Baik untuk Kesehatan

Berikut adalah jenis makanan yang sangat direkomendasikan untuk menjaga kesehatan Anda khususnya di masa pandemi.

1. Sayur Hijau

Perbanyak konsumsi sayur hijau seperti sawi dan lainnya sebab sayur hijau dipercaya memiliki kandungan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh seseorang.

2. Buah-Buahan

Selain sayuran, makanan lain yang sangat direkomendasikan untuk masuk list belanja Anda adalah buah-buahan. Serat yang terkandung di dalam buah-buahan mampu menjaga kesehatan tubuh bahkan kandungan vitamin yang ada di dalamnya juga baik untuk menjaga daya tahan tubuh seseorang yang mengonsumsinya.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh di masa pandemi. Semoga bermanfaat.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles