Traveling ke Kepulauan Derawan: Spot Menarik dan Tips Bepergian

Kepulauan Derawan yang berada di Berau, Kalimantan Timur memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan. Banyak wisatawan dalam negeri maupun asing yang berkunjung ke tempat ini untuk melihat kejernihan laut serta keindahan panoramanya. Wisata Kepulauan Derawan terdiri dari banyak tempat yang memikat yang bisa dipilih oleh pengunjung. Ada 4 pulau utama yang bisa dikunjungi, diantaranya adalah Pulau Derawan, Pulau Sangalaki, Pulau Kakaban, dan Pulau Maratua.

Akses ke Kepulauan Derawan

Walaupun wisata ini di kepulauan, akses menuju lokasi sangatlah mudah. Untuk menempuh tempat ini bisa dijangkau lewat jalur darat, udara, maupun air. Di Pulau Maratua terdapat Bandara Maratua yang semakin memudahkan pengunjung untuk mengakses tempat ini dengan pesawat.

Spot Menarik di Kepulauan Derawan

Meskipun daya tarik utama wisata ini adalah kejernihan pantainya, Kepulauan Derawan memiliki banyak spot menarik lain yang bisa memanjakan pengunjung, diantaranya adalah sebagai berikut:

Danau Labuan Cermin

1. Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin memiliki air yang sangat jernih yang sangat memanjakan mata. Terdapat banyak tumbuhan bakau di sepanjang danau. Lokasinya terdapat di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-Biduk. Anda bisa berenang atau berperahu santai di danau ini untuk menikmati pemandangan alam yang menakjubkan.

Untuk mencapai lokasi tempat ini sangat mudah, yaitu dengan menaiki kapal selama kurang lebih 3 jam dari Pulau Derawan. Untuk anda yang ingin mengunjungi tempat ini, disarankan untuk memesan kapal terlebih dahulu karena letaknya yang cukup jauh dari pulau.

2. Laguna Kahe Daing

Laguna Kahe Daing bisa digunakan untuk berenang maupun snorkeling. Terdapat biota laut yang sangat cantik yang bisa dilihat dengan snorkeling karena airnya yang sangat jernih. Selain bisa melihat keindahan biota laut, anda juga bisa menikmati pemandangan laguna yang sangat cantik. Laguna ini sangat tenang dan nyaman sehingga cocok dikunjungi oleh wisatawan yang sedang honeymoon.

3. Diving di Pulau Maratua

Spot paling utama yang disukai wisatawan di Kepulauan Derawan adalah diving di Pulau Maratua. Diving untuk melihat keindahan bawah laut menjadi hal yang sangat ditunggu karena bisa melihat langsung ikan barrakuda, penyu, pari manta besar, dll. Pulau Maratua merupakan tempat yang terkenal memiliki ikan barrakuda sangat banyak sehingga anda bisa menyelam dan melihat langsung ikan ini. Kepualauan Derawan juga merupakan tempat hidup bagi penyu terbesar di Indonesia sehingga pengunjung akan merasakan kekayaan dan keindahan laut Indonesia di wisata ini.

4. Goa Haji Mangku

Berkunjung ke Pulau Maratua, sebaiknya anda tidak melewatkan mengunungi Goa Haji Mangku yang terletak sekitar 10 menit dari bibir pantai pulau ini. Goa ini dipenuhi dengan air sehingga lebih mirip dengan danau atau kolam. Bentuk goa ini vertikal dan berada di tengah-tengah hutan yang dikelilingi oleh pepohonan yang sangat rimbun. Jika ingin mengunjungi tempat ini, sebaiknya anda mempersiapkan lotion pengusir nyamuk agar tidak digigit nyamuk saat melewati hutan menuju goa. 

5. Penginapan Apung

Penginapan Apung merupakan penginapan yang mengapung di atas pantai yang sangat jernih. Dengan akses utama jembatan apung, penginapan ini sangat indah dan nyaman untuk ditinggali oleh wisatawan. Keindahan penginapan ini didukung oleh panorama sekitar pantai yang sangat indah sehingga banyak orang menyebutnya sebagai Maratua Paradise. Pengunjung juga sering membandingkannya dengan keindahan di Maldives.

Goa Bawah Laut “Blue Light Cave”

6. Goa Bawah Laut “Blue Light Cave”

Goa bawah laut ini merupakan spot menarik di Kepulauan Derawan karena anda bisa menyelam di bawahnya dan menikmai pemandangan yang sangat menakjubkan. Anda akan dimanjakan dengan keindahan alam bawah laut dengan beragam jenis ikan dan biota laut lainnya.

7. Konservasi Penyu di Pulau Sangalaki

Jika anda telah menikmati melihat penyu langsung dengan menyelam di bawah air, kini saatnya anda melihat konservasi penyu di Pulau Sangalaki. Pulau ini menjadi lokasi penyu bertelur dan anda bisa melihat secara langsung saat musim penyu bertelur. Selain itu, anda juga bisa mengikuti kegiatan pelepasan tukik yang baru menetas ke lautan lepas.

Selain 7 spot diatas, masih banyak spot lain yang bisa anda kunjungi di Kepulauan Derawan. Anda pun bisa menikmati banyak jenis masakan daerah khas Kepulauan Derawan yang mampu memanjakan lidah anda.

Tips Mengunjungi kepulauan Derawan

Beberapa tips untuk anda yang ingin mengunjungi Kepualan Derawan adalah sebagai berikut:

1. Memesan kapal sebelumnya

Beberapa spot wisata menarik di Kepulauan Derawan perlu naik kapal selama beberapa menit sampai beberapa jam tergantung jauh dekatnya lokasi, sehingga anda sebaiknya memesan kapal sebelum berangkat untuk menghindari full booked.

2. Memilih Penginapan Berdasarkan Budget

Ada banyak pilihan penginapan dari harga 100 ribu sampai sekitar 1 jutaan. Anda bisa memilih penginapan berdasarkan biaya yang anda miliki.

3. Membawa Kamera Tahan Air

Agar bisa memotret keindahan bawah laut derawan saat menyelam, sebaiknya anda membawa kamera tahan air.

Beberapa tips lain adalah membawa barang seperlunya agar tidak terlalu berat serta memesan transportasi dan penginapan sebelumnya agar lebih aman. Anda juga bisa melakukan riset spot-spot yang ingin dikunjungi terlebih dahulu sehingga memiliki persiapan yang matang sebelum ke lokasi.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles